Jumat, 10 Mei 2013

Cara belajar Efektif dan Efisien

CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN
Berbagai usaha telah anda lakukan untuk dapat memahami materi pelajaran, tetapi tetap saja anda tidak memahami pelajaran tersebut bahkan mungkin anda bingung terhadap isi materi pelajaran tersebut. Mungkin anda telah melakukan banyak cara untuk dapat memahami pelajaran tersebut, mulai dari belajar di pagi hari, siang, sore, atau pun malam hari. Jika anda mengalami masalah seperti itu, kami memiliki tips yang dapat anda gunakan mengenai cara belajar yang efektif.
CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN

Cara belajar yang efektif sangatlah menentukan keberhasilan kita, karena belajar dengan cara yang salah akan menyebabkan hasil yang kita capai tidak maksimal, seperti yang kita harapkan dan kadang malah gagal.
Dalam menjadikan proses belajar Anda menjadi lebih efektif dari biasanya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat cara belajar Anda lebih efektif, antara lain :
1.      Memilih waktu untuk belajar

Maksudnya adalah sebelum kita belajar, seharusnya pilihlah waktu yang tepat, misalnya pilihlah suana yang tenang karena dengan waktu yang yang tenang otak kita akan mudah untuk berkonsentrasi dalam menerima pelajaran yang kita pelajari

2.      Belajar dengan Nnyaman.

Bila kita ingin menguasai suatu ilmu atau pengetahuan, maka belajarnya dengan nyaman, artinya kita tidak merasa terpaksa dengan ilmu atau pelajaran yang sedang kita pelajari

3.      Kembangkan Materi

Tips yang selanjutnya adalah dengan mengembangkan materi yang sudah kita pelajari jadi kita tidak akan hanya belajar menerima dan bisa saja, namun lebih kepada menguasai pelajaran yang telah kita terima, misalnya pelajaran kita dapatkan tentang matematik 1+1=2 dengan mengembangkan materi kita tidak akan hanya mengerti 1+1=2 namun kita juga akan mengerti bahwa 1x2=2, 3-1=2 dan sebagainya.

4.      Mencatat Pelajaran yang penting

Cara belajar yang efektif adalah dengan mencacat pelajaran yang penting saja, jangan semuanya kita catat, karena itu akan sangat membosankan dan otak akan merasa jenuh, cukup kita ambil materi-materi yang penting saja yang kita catat, dan kita pahami
5.      Membaca adalah Kunci Jawaban yang Penting

Cara belajar yang efektif tak kalah pentingnya adalah membaca, karena dengan membaca pengetahuan kita akan luas, bila kita jarang berpergian maka perbanyaklah membaca, karena dengan membaca mental kita yang akan dididik, membaca yang baik adalah bukan hanya menghabiskan materi yang kita baca namun harus bisa kita pahami, tentang materi yang kita baca, sehingga membaca kita akan terasa manfaatnya.
Langkah – lngkah yang paling terutama dalam belajar yang efektif sebagai berikut:
a.       Bertanggung jawab atas dirimu sendiri
Maksudnya disini anda merupakan tolak ukur yang sederhana dimana anda sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas waktu yang anda miliki.
b.      Pusatkan anda terhadap nilai-nilai dan prinsip yang kamu percaya
Maksudnya disini anda disini sudah menentukan sebdiri mana yang penting bagi anda, jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.
c.       Kerjakan dulu apa yang penting menurut anda
Maksudnya anda disini sudah bisa mengerjakan prioritas’’ yang dimiliki anda , sudah memiliki pendirian ataupun tidak mangmang dalam mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas sekolah, dan jangan biarkan teman atau orang lain memelahkan perhatian kamu dari suatu tujuan yang anda miliki sekarang ini dan seterusnya.

3 komentar:

  1. terus... kalo cara agar kita senang membaca gimana?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. brawl dri dlm dri qt dlu mb.. mw gx mmbca?? gemar gx dgn mmbca?? jka qt smngt dan gx mlas2'an mka yqn dh,,, qt bkal senang mmbca,, bku itu jndla dunia loohh,,, :)

      Hapus